Ritonga, Danny Ivanno (2011) HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI MUSIK DAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI DENGAN KEMAMPUAN BERMAIN GITAR BASS PADA SISWA SMKN XI MEDAN. Jurnal Tabularasa, 08 (01). pp. 35-46. ISSN 1693-7732
UNIMED-Journal-21478-TABULARAS VOL 08 NO. 1 JUNI 2011Zulkifli Matondang.pdf
Download (1MB) | Preview
UNIMED-Journal-21479-TABULARAS VOL 08 NO. 1 JUNI 2011Danny Ivanno Ritonga.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan teori musik dan kemampuan membaca notasi dengan kemampuan bermain gitar bass pada siswa SMK Negeri XI Medan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh terdapat hubungan positif : 1)penguasaan teori musik dengan kemampuan bermain gitar bass dengan korelasi 0,492; 2)kemampuan membaca notasi dengan kemampuan bermain gitar bass dengan korelasi 0,515; 3)penguasaan teori musik dan kemampuan membaca notasi dengan kemampuan bermain gitar bass dengan korelasi 0,840. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,706. Hal ini menunjukkan bahwa sumbangan relatif sebesar 70,6% antara penguasaan teori musik dan kemampuan membaca notasi dengan kemampuan bermain gitar bass.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Teori musik; Membaca notasi; Gitar bass |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > ML Literature on music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 09:47 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/191 |