Meilisa, Wina (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ALAT UKUR YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE AMATCH DENGAN MODEL KONVENSIONAL SISWA KELAS X TEKNIK PENGELASAN SMK NEGERI 13 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil belajar Mata Diklat Alat Ukur pada pokok bahasan Menggunakan Alat Ukur Dasar yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match siswa kelas X Teknik Pengelasan SMK Negeri 13 Medan tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X bidang keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 13 Medan tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 68 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas Konvensional. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match ) adalah kelas X yang berjumlah 35 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas konvensional (kelas yang menggunakan Model Konvensional) adalah kelas X yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan uji coba instrumen yang berjumlah 35 butir soal terdapat 31 butir soal yang valid dan 4 butir soal yang tidak valid, yaitu no 3,4,15,35. Dari analisi data didapat Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Menggunakan Alat Ukur Dasar yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match memiliki skor rata-rata 24.3 sedangkan dengan menggunakan Model Konvensional memiliki skor rata-rata 20,9. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Konvensional pada mata diklat Alat Ukur di kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2013/ 2014, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 4.332> 1,6.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.977 071 9 Mei p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Make a Match; Konvensional; Alat Ukur; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19090 |