Irmam, Muhammad (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE NUMBER HEADS TOGETHER DALAM UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. MUHAMMAD IRMAM (5103122028).pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. MUHAMMAD IRMAM (5103122028).pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. MUHAMMAD IRMAM (5103122028).pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. MUHAMMAD IRMAM (5103122028).pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. MUHAMMAD IRMAM (5103122028).pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. MUHAMMAD IRMAM (5103122028).pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. MUHAMMAD IRMAM (5103122028).pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
13. MUHAMMAD IRMAM (5103122028).pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. MUHAMMAD IRMAM (5103122028).pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar perawatan dan perbaikan sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif type Numbered Heads Together. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Teladan Medan semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 8 kelas dengan jumlah siswa 320 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif type number heads together terhadap hasil belajar perawatan dan perbaikan sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Teladan Medan kelas 2 A 5 yang berjumlah 30 siswaBerdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I, diperoleh 16 siswa (53,3%) siswa yang tuntas belajarnya dengan nilai rata-rata 69,17 menjadi 25 orang (83,3%) siswa yang telah lulus belajarnya dengan nilai rata-rata 77,67 pada siklus II. Dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatir tipe number heads together maka aktivitas belajar perawatan dan perbaikan sistem bahan bakar bensin siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I terdapat siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif tidak ada, kategori aktif sebanyak 11 siswa (36,7%), kategori cukup aktif 12 siswa (40%), kategori kurang aktif sebanyak 7 siswa (23,3%) dan siswa dengan kategori tidak aktif tidak ada (0%). Sedangkan pada siklus II yaitu sebanyak 19 siswa (63,3%) dalam kategori aktif, kategori cukup aktif 11 siswa (36,7%), kategori kurang aktif sebanyak 0 siswa (0%) dan siswa dengan kategori tidak aktif tidak ada (0%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.253 807 19 Irm p |
Keywords: | Hasil Belajar; Perawatan dan Perbaikan; Bahan Bakar Bensin; Model Pembelajaran; Tipe NHT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19069 |