Astuti, Wulan (2013) PENERAPAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKTKAN HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA SISWA XII TATA BUSANA SMK NEGERI 1 KISARAN TAHUNAJARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
071255410097 Judul.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
071255410097 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
071255410097 Abstrak.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071255410097 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
071255410097 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
071255410097 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
071255410097 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
071255410097 Bab I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
071255410097 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
071255410097 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan variasi media pembelajaran pada mata pelajaran membuat hiasan pada busana pada pokok bahasan membuat sulam fantasi di kelas XII Tata Busana. Penelitian tindaka kelas ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kisaran pada tahun ajaran 2012/2013. Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Busana di SMK Negeri 1 Kisaran dengan sampel 30 orang. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) , dan alat pengumpulan data yaitu observasi atau pengamatan.Metode penelitian meliputi sebagai berikut : (1). Pertemuan awal oleh peneliti dengan guru mata pelajaran, untuk merencanakan tugas dan tehnik pelaksanaan tindakan serta penyusunan instrumen yang akan digunakan. (2). Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati dimana peneliti dilakukan pada bulan November 2012. Setiap siklus mencakup aktivitas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan hasil pembuatan sulam fantasi pada fragmen yang di analisi persentase dengan Kriteria Ketuntasan Minimum ( KKM ) 70.Hasil analisis setelah diberikan tindaka siklus I yaitu penerapan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dari nilai pengamat diperoleh persentase ketuntasan siswa sebesar 83,33 % (25 siswa) sedangkan yang tidak tuntas sebesar 16,67 % (5 siswa) serta aktivitas guru sebesar 100 % sangat baik. Hal ini berarti pada siklus I sudah tercapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil yang dilakukan mulai dari pretest dan postest dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar membuat hiasan pada busana.Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan variasi media pembelajaran seperti hand out, powerpoint, dan benda model dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran membuat hiasan pada busana di kelas XII SMK Negeri 1 Kisaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 746.4 Ast p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Media Hand Out; Media Microsoft Powerpoint; Media Benda Model; Hiasan Pada Hiasan; Sulaman Fantasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19049 |