Barus, Reni Handayani (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XII SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN TAHUN AJAR 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071255410049 Judul.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
071255410049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
071255410049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
071255410049 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071255410049 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071255410049 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071255410049 Bab I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
071255410049 Bab V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
071255410049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode demonstrasi pada media audiovisual pada mata pelajaran menjahit busana wanita dikelas XII Tata Busana pada pokok bahasan menjahit rok modifikasi. Penelitian tinadakan kelas ini dilakukan di SMK Awal Karya Pembangunan Pada Tahun pembelajaran 2012-2013.Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Busana di SMK Awal Karya Pembangunan Galang dengan jumlah siswa 18 orang. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan alat pengumpulan data yaitu observasi dan test. Metode penelitian meliputi sebagai berikut : (1). Pertemuan awal oleh peneliti dengan guru meta pelajaran untuk merencanakan tugas teknik pelaksanaan tindakan kelas. (2).Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati dimana penelitian dilakukan pada bulan september-oktober 2012. Setiap siklus mencakup aktivitas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan siswa menjahit rok modifikasi, lalu dianalisis dengan analisis persentase. Dengan menggunakan indikator keberhasilan tindakan sebesar 70% siswa memperoleh nilai minimal 70. Hasil analisis setelah diberikan tindakan siklus I yaitu penerapan metode demonstrasi pada media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar, dari nilai hasil tes belajar I nilai rata-ratanya 78,7. Sebanyak 15 siswa (83,3%) tuntas dalam belajar sedangkan 3 siswa (16,7%) belum tuntas. Ini berarti pada siklus I sudah tercapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil yang dilakukan mulai dari pre test dan post test dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran mejahit busana wanita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar menjahit rok modifikasi pada siswa kelas XII Tata Busana SMK Awal Karya Pembanguan Galang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.404 071 9 Bar p |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Media Audiovisual; Hasil Belajar; Metode Demonstrasi; Menjahit Rok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19022 |