Sitompul, Astrid (2014) HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI MEMBENTUK ALIS MENGGUNAKAN SKETSA DENGAN HASIL PRAKTEK MAKEUP SEHARI-HARI PADA SISWA TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 509344002 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 509344002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
3. 509344002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4. 509344002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. 509344002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. 509344002 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. 509344002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
10. 509344002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
14. 509344002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. 509344002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). penguasaan teori membentuk alis menggunakan sketsa. (2). Hasil praktek makeup sehari-hari. (3). Hubungan antara penguasaan teori membentuk alis menggunakan sketsa dengan hasil praktek makeup sehari-hari siswa pada satu kelas di kelas X program Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 8 Medan T. A 2013/2014. Penelitian dilaksanakan pada Februari 2014. Lokasi penelitian di SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X program tata kecantikan SMK Negeri 8 Medan tahun ajaran 2013/2014 sebanyak satu kelas dengan jumlah 30 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 30 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes penguasaan teori membentuk alis menggunakan sketsa dan lembar pengamatan hasil praktek makeup sehari-hari. Analisis data menggunakan teknik deskriptif korelasional, persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan korelasi product moment.Untuk mengumpulkan data penguasaan teori membentuk alis menggunakan sketsa diperoleh dengan menyebarkan tes pilihan ganda, sedangkan untuk menjaring data hasil praktek makeup sehari-hari diperoleh dengan lembar pengamatan. Tes penguasaan teori membentuk alis menggunakan sketsa disusun oleh peneliti sehingga perlu di uji coba. Hasil uji instrument tes pengetahuan menunjukkan dari 50 item tes penguasaan teori menjadi 38 item dinyatakan valid dan 12 item tidak valid dengan indeks reliabilitas 0.936 (kategori kuat). Untuk melihat apakah lembar pengamatan layak dilakukan untuk menjaring data maka terlebih dahulu dilakukan uji coba lembar pengamatan. Dari hasil uji coba yang dilakukan maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan penilaian antara ketiga pengamat, dimana diperoleh hasil Fhitung < Ftabel (2,97 < 3,36) sehingga lembar pengamatan layak digunakan untuk menjaring data penelitian yang sebenarnya.Pada uji kecenderungan dari 30 sampel penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan teori membentuk alis menggunakan sketsa diperoleh 4 siswa (8,7%) cenderung tinggi, 24 siswa (52,2%) cenderung cukup dan 2 siswa (4,3%) cenderung kurang.Dari perhitungan uji normalitas pada variable (X) dengan taraf signifikansi 5% didapat χ2hitung ≤ χ2tabel (1,914 < 11,07) disimpulkan data berdistribusi normal dan variable (Y) didapat nilai χ2hitung ≤ χ2tabel (3,743 < 11,07) disimpulkan data berdistribusi normal. Dari uji hipotesis penelitian pada taraf signifikansi 5% dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh rxy = 0,638, sehingga rxy > rtabel yaitu 0,638 > 0,361 maka hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.726 071 9 Sit h |
Keywords: | Teori Membentuk Alis; Sketsa; Bentuk; Letak dan Panjang; Make Up; Cara Pengaplikasian |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA9000 Aesthetics of cities. City planning and beautifying |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19009 |