Rahayu S., Putri (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA ANTARA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
CAVER.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar memilih bahan baku busana antara yang diajarkan dengan metode index card match dan metode konvensional siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang diajarkan dengan metode Index Card Match dengan metode konvensional yaitu masing-masing kelompok sebanyak 30 orang. Data penelitian ini dijaring melalui tes objektif Memilih Bahan Baku Busana. Validitas (kesahihan) test Memilih Bahan Baku Busana diuji dengan rumus korelasi point biserial dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5%, sehingga diketahui dari 50 soal tes objektif yang disusun, ada 44 soal dinyatakan valid dan 6 soal tidak valid. Reliabilitas (keterandalan) test Memilih Bahan Baku Busana diuji dengan rumus kudder-Richarson (KR-20), dari hasil perhitungan diperoleh koefisien reliabilitas test sebesar 0,947. Dalam penelitian ini digunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa t hitung antara X1 dan X2 sebesar 4,399 sedangkan ttabel = pada taraf signifikan 5% dengan dk = 2-1 sebesar 1,697 terlihat thitung > ttabel yaitu (4,399 > 1,697). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis maka hipotesis kerja (Ha) yang diajukan diterima. Dengan demikian dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan metode Index Card Match dan Metode Konvensional terhadap hasil belajar Memilih Bahan Baku Busana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 745.407 19 Rah p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Strategi Pembelajaran; Konvensional; Index Card Match; Bahan Utama; Pelapis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19003 |