PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR

Manik, Herianto (2014) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of KAVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
KAVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of PERSETUJUAN PS & SRT PERNYTN TDK PLAGIAT.pdf]
Preview
Text
PERSETUJUAN PS & SRT PERNYTN TDK PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of kATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
kATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR IS1.pdf]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada mata pelajaran menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif yang dirancang sebagai media pembelajaran yang efektif bagi siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X jurusanTeknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Pergetteng-getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Pergetteng-getteng Sengkut yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 35 orang. Prosedur rancang bangun media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar yang dikemas dalam bentuk CD interaktif dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dalam beberapa tahap, media pembelajaran yang dirancang dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran terlihat dari respon yang diberikan oleh ahli media, ahli materi dan siswa sebagai pengguna utama. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan Penerapan media pemebelajaran berbasis Macromedia Flash agar guru menggunakan hasil pengembangan sumber belajar berbasis Macromedia Flash pada mata pelajaran menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan serta guru-guru dapat mengembangkan media interaktif pada pembelajaran mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.381 071 9 Man p
Keywords: Belajar; Pembelajaran; Media Pembelajar; Peranan; Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 18 Jul 2019 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19000

Actions (login required)

View Item
View Item