Abdillah, Reza (2014) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK Y.P MEDAN PUTRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_Cover.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2_lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3_Abstrak.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9_Bab I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13_BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14_Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Inquiri terhadap hasil belajar menguasai teori dasar elektronika pada siswa kelas X teknik audio video SMK Y.P Medan Putri.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Y.P Medan Putri Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 25 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (48,33) dengan standar deviasi 9,35 dan skor rata-rata di kelas kontrol (47,16) dengan standar deviasi 10,81. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan strategi inquiri dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan strategi ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (83,66) dengan standar deviasi 7,45 dan kelas kontrol (79,33) dengan standar deviasi 8,14. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 1,93 dan ttabel = 1,68. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu Strategi Pembelajaran Inquiri memberikan hasil belajar pada pelajaran menguasai teori dasar elektronika yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan strategi ekspositori pada siswa kelas X TAV SMK Y.P Medan Putri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Abd p |
Keywords: | Belajr MTDE; Strategi Pembelajaran; Inquiri; Ekspositori; Prinsip Komunikasi |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1470 Aleatory music. Electronic music. Mixed media |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18999 |