Sitepu. Naomi Juliarti, Sitepu. Naomi Juliarti (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBATIK DI KELAS X SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CD Tutorial, mengetahui hasil belajar Membatik, mengetahui tingkat kecenderungan kelas penelitian, mengetahui homogeni varians pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Berastagi. Penelitian ini sebagai bentuk penerapan sebagian dari ilmu pengajaran yang telah didapatkan dari bangku kuliah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2013/2014 tepatnya dipraktekkan untuk kelas X SMK. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak tiga kelas dengan jumlah 105 siswa dengan jumlah masing-masing kelas yaitu X KT 1 sebanyak 35 orang, X KT 2 sebanyak 35 orang, dan X KT 3 sebanyak 35 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sample yaitu teknik untuk menetapkan kelas sebagai sampel dengan mempertimbangkan kemampuan kedua kelas dalam satu mata diklat, sehingga sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar Membatik pada siswa kelas X Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi untuk kelas Eksperimen cenderung cukup dimana jumlah siswa pada kategori cukup yaitu 83%. Tingkat kecenderungan hasil belajar Membatik untuk kelas Kontrol cenderung cukup yaitu 80%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 5% dengan dk = 35, diperoleh data hasil belajar Membatik kelas Eksperimen berdistribusi nomal, karena Lhitung<Ltabel(0,0890<0,1610) dan kelas Kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung<Ltabel(0,0911<0,1610). Hal ini berarti bahwa data hasil belajar untuk kedua kelas sampel dapat dilanjutkan ke tahap analisi data karena uji normalitas diatas merupakan salah satu uji persyaratan analisis. Sedangkan uji homogenitas, diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 1,53 < 1,89 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hal ini membuktikan bahwa terdapat keselarasan antara data hasil penelitian kelas Eksperimen dengan kelas Kontrol. Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai Sgabungan sebesar 1,28, sedangkan nilai thitung sebesar 6,74 sedangkan nilai tabel pada taraf signifikansi 5% dengan n = 60 sebesar 1,679. Dengan demikian thitung>ttabel (6,74>1,679). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media CD Tutorial Terhadap Hasil Belajar Membatik pada siswa kelas X Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa Media CD Tutorial sangat baik digunakan di SMK Negeri 1 Berastagi terutama dalam pembelajaran Membatik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 677.607 19 Sit p |
Keywords: | Hasil Belajar; Membatik; Bahan dan Alat; Proses Pembuatan; Batik Tulis; Media Pembelajaran |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213 Engineering machinery, tools, and implements |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18995 |