Damanik, Devilaria (2014) PENGARUH STRATEGY GENIUS LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAMTAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 071255220013 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 071255220013 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 071255220013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4. NIM 071255220013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM 071255220013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6. NIM 071255220013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM 071255220013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
10. NIM 071255220013 BAB I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM 071255220013 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM 071255220013 DAFTAR PUSTAKA dvr.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajarpembelajaran dari siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan StrategyGenius Learning lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaranmenggunakan konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakamtahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIISMP Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 270 orangdimana setiap kelas berjumlah 30 orang. Kelas yang digunakan sebagai sampeladalah kelas VII b dan VII h. Kelas VII b diberikan perlakuan Strategy GeniusLearning sedangkan VII h diberikan perlakuan pembelajaran konvensional, yangtiap kelas terdiri dari 30 orang siswa sehingga jumlahnya sebanyak 60 orang.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianeksperimen.Dari hasil analisa data didapat bahwa tingkat kecenderungan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran Elektronika yang diajar dengan pembelajarankonvensional adalah cenderung tinggi. Jumlah responden dengan kategori tinggisebanyak 7 orang (23,33%), kategori cukup sebanyak 20 orang (66,33%), kategorikurang sebanyak 3 orang (10%). Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa padamata pelajaran Elektronika yang diajar dengan Strategy Genius Learningcenderung tinggi. Jumlah responden dengan kategori tinggi sebanyak 30 orang(100%).Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif.Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α)sebesar 0,05. Pada pembelajaran menggunakan Strategy Genius Learningdiperoleh Lhitung= 0,1468 dan Ltabel = 0,1610 diperoleh Lhitung(0,1468) < Ltabel(0,1610)maka terditribusi normal, dan pada pembelajaran konvensional Lhitung = 0,1120dan Ltabel = 0,1610 diperoleh Lhitung(0,1120) < Ltabel(0,1610) maka terditribusi normal.Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran menggunakan Strategy GeniusLearning dan konvensional diperoleh fhitung = 1,52 dan ftabel = 1,86, maka fhitung(1,52)< ftabel (1,86) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Denganmenggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α =0,05 untuk menguji hipotesispenelitian diperoleh, thitung = 10,890 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel dandiambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaranmenggunakan Strategy Genius Learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yangdiajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 |Dam p |
Keywords: | Hasil Belajar;Strategi Pembelajaran;strategi Genius Learning; Kooveratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18974 |