Putra, Fija Prima (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK YPT PANGKALAN BERANDA. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_Cover.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
03_Abstrak.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
04_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
05_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
07_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
09_BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13_BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament terhadap hasil belajar menggunakan hasil pengukuran listrik pada siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK YPT Pangkalan Berandan.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK YPT Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (47) dengan standar deviasi 8,50 dan skor rata-rata di kelas kontrol (44,45) dengan standar deviasi 7,75. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan model ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (88,78) dengan standar deviasi 4,06 dan kelas kontrol (81,55) dengan standar deviasi 4,17.Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 6,40 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) memberikan hasil belajar pada pelajaran menggunakan hasil pengukuran listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan model ekspositori pada siswa kelas X TITL SMK YPT Pangkalan Berandan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.373 071 9 Put p |
Keywords: | Belajar;Hasil Belajar;MHPL;Moedl Pembelajaran; Ekspoitori;Pembelajaran Koperative;Tipe TGT |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18961 |