Priyulida, Fitria (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGONTROLAN MOTOR LISTRIK DENGAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM KELAS XI TITL TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5102131006 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5102131006 AHPROVEL SHEET.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
3. NIM. 5102131006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. NIM. 5102131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 5102131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM. 5102131006 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 5102131006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 5102131006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
13. NIM. 5102131006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 5102131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui: Peningkatan Hasil Belajar Pengontrolan Motor Listrik dengan Penerapan Macromedia Flash 8 di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMK negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah 32 orang. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian saat pre tes, nilai rata-rata siswa 44,68 dari 32 orang siswa, di mana 4 siswa (12,5%) memperoleh ketuntasan dan 28 siswa (87,5%) yang belum tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 53,12 dimana 9 siswa (28,12%) memperoleh ketuntasan, 23 siswa (71,87%) yang belum tuntas, nilai observasi pengajaran 72,72% kategori penilaian cukup dan nilai observasi aktivitas siswa 70% kategori penilaian cukup secara klasikal. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat 79,31 dimana 30 siswa (93,75%) memperoleh ketuntasan, 2 siswa (6,25%) yang belum tuntas, nilai observasi pengajaran 81,81% kategori penilaian baik sekali dan nilai observasi aktivitas siswa 85% kategori penilaian baik secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penerapan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa media pembelajaran dengan macromedia flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pengontrolan Motor Listrik dengan demikian disarankan kepada pihak sekolah agar menggunakan media pembelajaran dangan macromedia flash 8 sebagai media pembelajaran khususnya untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.460 719 Pri p |
Keywords: | Belajar;Pengontorlan Motor Listrik;Hasil.Belajar;Media Pembelajaran;Multimedia Flash;langkahPembuatan Animasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18959 |