Paolorosi, Daniel (2015) PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN PEMBELAJARAN, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI KABUPATEN LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.
0- 8116132003-Cover.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
1- 8116132003-Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2- 8116132003-Abstrak.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3- 8116132003-Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4- 8116132003-Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5- 8116132003-Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6- 8116132003-Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7- 8116132003-Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8- 8116132003-Bab I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
12- 8116132003-Bab V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
13- 8116132003-Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah terhadap motivasi kerja; (2) pengaruh kemampuan pembelajaran terhadap motivasi kerja; (3) pengaruh persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru; (4) pengaruh kemampuan pembelajaran terhadap kinerja guru; dan (5) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri Kabupaten Labuhanbatu dengan jumlah sampel sebanyak 142 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate simple random sampling. Metode penelitian bersifat analisis jalur yang bertujuan untuk menguji teori dan memperoleh informasi tentang penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh langsung persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah dengan motivasi kerja dinyatakan dengan thitungρ31 > ttabel (2,158 > 1,645); (2) terdapat pengaruh langsung kemampuan pembelajaran dengan motivasi kerja dinyatakan dengan thitungρ32 > ttabel (2,237 > 1,645); (3) terdapat pengaruh langsung persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru produktif dinyatakan dengan thitungρ41 > ttabel (1,968 > 1,645); (4) terdapat pengaruh langsung kemampuan pembelajaran dengan kinerja guru dinyatakan dengan thitungρ42 > ttabel (2,821 > 1,645); dan (5) terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru dinyatakan dengan thitungρ43 > ttabel (2,005 > 1,645). Hasil penelitian memberikan gambaran persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah, kemampuan pembelajaran, dan motivasi kerja mempengaruhi kinerja guru sebesar 16,6% dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Pao p |
Keywords: | Kinerja guru; Motivasi kerja; Supervisi akademik; Kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 04:11 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1894 |