Sitinjak, Jimmi (2013) PENERAPAN PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR PADA MATA DIKTAT PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN SISWA KELAS X-3PROGRAM TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 071255310031 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 071255310031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. NIM. 071255310031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (831kB) | Preview
4. NIM. 071255310031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
5. NIM. 071255310031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
6. NIM. 071255310031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. NIM. 071255310031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 071255310031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 071255310031 BAB I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
14. NIM. 071255310031 BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkata_n aktivitas, danbasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make a Matchpada mata diklat Perhitungan Statika Bangunan pada siswa kelas X-3 ProgramTeknik Gambar SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlahsiswa 20 orang.Sebelum penelitian ini dilakukan, terlebih dahulu tes statika bangunandiuji cobakan, dilakukan uji validitas soal, uji taraf kesukaran, uji daya beda, ujireabilitas, adalah untuk perhitungan validitas butir tes digunakan rumus biserialdan uji reabilitas digunakan KR-20 suatu butir tes dikatakan valid apabila rbiseriat >rtabel pada taraf signifikan 5 % dengan hasil tes digunakan 25 soal pada siklus Idan II dengan nilai Tbiseriat = 1,378 maka reabilitas soal sangat tinggi untuk si.klus I25 soal dengan nilai rtabel = 0,367 maka reabilitasnya sangat tinggi untuk siklus II.Hasil penelitian dengan Menerapkan kooperatif tipe Make a Match padasiklus I, aktivitas siswa belum memahami peningkatan, tetapi setelah dilakukansiklus II, maka aktivitas siswa meningkat. Dimana aktivitas siswa pada siklus Idengan kategori Tidak Aktif (TA) = 2 siswa, Cukup Aktif (CA) = 7 siswa, Aktif(A) = 11 siswa, Sangat Aktif (SA) = -1 tidak ada siswa, siklus II: dengan kategoriTidak Aktif (T A) = - siswa, Cukup Aktif (CA) = - siswa, Aktif (A) = 16 siswa,Sangat Aktif (SA) = 4 siswa.Pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make a Matchdapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini dapat dilihat dari hasil belajar siswapada siklus I tentang basil belajar siswa kategori Tidak Kompeten (TK) •rio,kategori Belum Kompeten (BK) 40%, kategori Cukup Kompeten (CK) 25%, :mnkategori Kompeten (K) 25%, sedangkan kategori Sangat Kompeten (SK 11Judapat dicapai siswa, oleh karena itu siklus I dikatakan belum berhasil maka pcriudilanjutkan ke sikh.s II untuk dapat memngkatkan hasil belajar Perhitungan Statika Bangunan. Setelah dilakukan pengamatan pada siklus II hasil belajarmengalami peningkatan, dimana untuk kategori Cukup Kompeten (CK) 26.27 %kategori Kompeten (K) 47,46%, kategori Sangat Kompeten (SK) 26,27%sedangkan untuk kategori Tidak Kompeten (TK) dan Kurang Kompeten (KK)tidak ada lagi. Karena rata-rata hasil belajar perhitungan statika bangunan sudahmengalami peningkatan, maka penerapan pembelajaran kooperatif Make a Matchdapat meningkatkan hasil belajar Perhitungan Statika Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Sit p |
Keywords: | Hakekat Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Make a Match; Hasil Belajar; Statistika Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 May 2019 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18931 |