Pangaribuan, Gihon Exaudi (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PENAMPILAN GURU MENGAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) DARI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi tentang penampilan guru mengajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan (PDTB) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Kabupaten Karo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 30 orang. Hasil analisis normalitas data chi kuadrat masing-masing variabel di dapat hasil sebagai berikut : (1) variabel persepsi tentang penampilan guru mengajar (X1) χ² hit= 9,446 <χ² table = 11,070, (2) variabel disiplin belajar (X2) χ² hit= 4,335 <χ² table = 11,070, (3) variabel prestasi belajar PDTB χ² hit= 8,710 <χ² table = 11,070, dengan masing-masing berdistribusi normal pada taraf signifikani 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian di dapat hasil (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Ŷ = 20,976 – 0,043 X1, uji coba kelinieran persamaan regresi Y atas X1 yaitu Fhit= 4,312 > Ftab= 4,20 mempunyai kontribusi yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Ŷ = 2,231– 0,052 X2, uji coba kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhit =4,658 > Ftab = 4,20 mempunyai kontribusi yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis korelasi antar variabel di dapat : (1) variabel persepsi tentang penampilan guru mengajar (X1) dengan prestasi belajar PDTB (Y) yaitu thit= 1,989 > ttab= 1,70 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) disiplin belajar (X2) dengan prestasi belajar PDTB (Y) yaitu thit= 2,173 > ttab = 1,70 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Korelasi ganda antara X1 dan X2 terhadap Y menunjukkan korelasi yang positif dan berarti dengan R = 0,436 dan R2 = 0,190 yang berarti 19% dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh variabel bebas (X1) dan (X2) dan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690.107 1 Pan h |
Keywords: | Persepsi; Guru; Mengajar; Disiplin; Prestasi Belajar; Teknik Bangunan; Gambar Teknik; Penampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 May 2019 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18929 |