Sinaga, Frenskiki (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN (MHP) SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan disiplin belajar terhadap hasil belajar menggunakan hasil pengukuran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Percut Sei Tuan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas 1 TITL 1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas 1 TITL 3 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar menggunakan hasil pengukuran yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan memiliki disiplin belajar tinggi adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,234 > Lhitung = 0,129 dan data hasil belajar menggunakan hasil pengukuran yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan memiliki disiplin belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,242 > Lhitung = 0,1546 dan data hasil belajar menggunakan hasil pengukuran yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki disiplin belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,258 > Lhitung = 0,1517 dan data hasil belajar menggunakan hasil pengukuran yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki disiplin belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,242 > Lhitung = 0,147 dan kedua varians data adalah Homogen ( 2 hitung = 3,81 < 2tabel = 7,82). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 5,02 > Ftabel = 4,030) (b) Tinggi rendahnya disiplin belajar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 26,70 > Ftabel = 4,03), (c) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan disiplin belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 0,003 < Ftabel = 4,03).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 19 Sin p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Inkuiri; SPI; Disiplin Belajar; Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 May 2019 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18923 |