SUSUNAN VARIASI MAKANAN KAITANNYA DENGAN TINGKAT SELERA MAKAN LANSIA DI PANTI WERDHA YAYASAN GUNA BUDI BAKTI MEDAN LABUHAN

Tamba, Irnawati Br. (2013) SUSUNAN VARIASI MAKANAN KAITANNYA DENGAN TINGKAT SELERA MAKAN LANSIA DI PANTI WERDHA YAYASAN GUNA BUDI BAKTI MEDAN LABUHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. CAPER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1. CAPER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 3. Pengesahan.pdf]
Preview
Text
3. Pengesahan.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I .pdf]
Preview
Text
9. BAB I .pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Panti Werdha Yayasan Guna Budi Bakti yang berlokasi di jalan Yos Sudarso Km. 16 Medan Labuhan. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana susunan variasi makanan di Panti Werdha Yayasan Guna Budi Bakti, (2) Bagaimana tingkat selera makan lansia di Panti Werdha Yayasan Guna Budi Bakti, (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara susunan variasi makanan dengan tingkat selera makan lansia di Panti Werdha Yayasan Guna Budi Bakti. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui susunan variasi makanan di Panti Werdha Yayasan Guna Budi Bakti, (2) mengetahui tingkat selera makan lansia di Panti Werdha Yayasan Guna Budi Bakti, (3) mengetahui hubungan susunan variasi makanan dengan tingkat selera makan lansia di Panti Werdha Yayasan Guna Budi Bakti.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional yang meliputi hubungan antara dua variabel yaitu susunan variasi makanan (X) dan tingkat selera makan lansia (Y), populasi dalam penelitian ini adalah lansia yang ada di Panti Werdha Yayasan Guna Budi Bakti dengan jumlah 68 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah lansia yang dalam keadaan sehat dengan jumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik porposip sampel. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan 3 pengamat yang dianggap mampu dibidang gizi, dengan menggunakan rumus product moment. Pada hasil pengamatan Tingkat Selera Makan Lansia (Y) diperoleh rata-rata (M)= 4.37 dan standart deviasi (SD)= 0.11. untuk distribusi susunan variasi makanan (X) diperoleh bervariasi (48,39%), sedangkan tingkat kecenderungan pada tingkat selera makan lansia cenderung cukup (61%). Untuk uji normalitas data pada susunan variasi makanan berdistribusi normal, karena 6.12<11.07, sedangkan variable tingkat selera makan lansia berdistribusi normal, karena 5.62<11.07.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara susunan variasi makanan dengan tingkat selera makan lansia di Panti Werdha Yayasan Guna Budi Bakti Medan Labuhan. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefesien korelasi rxy = 0.558. dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 641.302 Tam s
Keywords: Variasi Makanan; Makanan Untuk Lansia; Gizi Lansia; Asupan Makanan; Menu Harian
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 16 Jul 2019 06:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18921

Actions (login required)

View Item
View Item