Andestya, Dita (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI LISTRIK SISWA KELAS XI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Instalasi Listrik yang diajar dengan menggunakan Children Learning In Science dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XI SMK Swasta Melati Perbaungan Tahun Ajaran 2013/2014. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental yang mana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan kepada kelompok-kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta Melati Perbaungan yang mengikuti sub kompetensi Instalasi Listrik yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas, diajar dengan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Children Learning In Science (kelas eksperimen) dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 30 dan 30 orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 60 orang. Perlakuan dilakukan slama 3 minggu atau sebanyak 3 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas. Kelas Eksperimen diajar oleh peneliti sedangkan kelas kontrol diajar oleh guru produktif di sekolah tersebut. Perlakukan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada siswa.Dari hasil analisis data dengan menggunakan Anava faktorial 2x2 dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar strategi Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dengan motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar strategi pembelajaran menggunakan strategi Pembelajaran Ekspositori dan memiliki motivasi berprestasi tinggi, dimana Fhitung > Ftabel, yaitu 4,583 > 3,17. Hasil belajar siswa yang diajar strategi Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan memiliki motivasi berprestasi rendah tidak lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar strategi pembelajaran menggunakan strategi Pembelajaran Ekspositori dan memiliki motivasi berprestasi rendah, dimana Fhitung < Ftabel, yaitu 2,453 < 3,17. Dan terdapat interaksi secara bersamaan antara pembelajaran menggunakan strategi Children In Science dan pembelajaran menggunakan strategi Ekspositori dengan tingkat Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar Instalasi Listrik pada siswa kelas XI SMK Swasta Melati Perbaungan , dimana Fhitung > Ftabel yaitu 43,267 > 3,17.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 19 And p |
Keywords: | Hasil Belajar; Instalasi Listrik; Strategi Pembelajaran; C45; Pembelajaran Ekspositori; Motivasi Berprestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18916 |