UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLATPEKERJAAN MEKANIK DASAR KELISTRIKAN PMDK KELAS X SMK NEGERI 1 BENERMERIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE TAHUN AJARAN2013 2014

Fitri, Syukriani (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLATPEKERJAAN MEKANIK DASAR KELISTRIKAN PMDK KELAS X SMK NEGERI 1 BENERMERIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE TAHUN AJARAN2013 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of KAVER.pdf]
Preview
Text
KAVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswadengan menggunakan metode pembelajaran Example Non Example pada matadiklat PMDKJenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan KelasClassroom Action Research Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusanlistrik SMK Negeri 1 Bener Meriah tahun ajaran 2013 2014 yang berjumlah 20siswa Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa aobservasi tes dan d dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: aperencanaan tindakan b pelaksanaan tindakan c observasi dan d analisisdan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode ExampleNon Example dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat PMDK.Hal ini terbukti dari siklus 1 nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatansebelum menggunakan metote Example Non Example Hasil penelitian padasiklus 1 siswa telah mencapai standar ketuntasan belajar minimal yaitu 70Nilai rata-rata kelas setelah menggunakan metode pembelajaran Example NonExample pada siklus 1 yaitu 66 00 Pada siklus 2 jumlah siswa yang mencapaistandar ketuntasan belajar minimal sebanyak 19 siswa atau 95 Nilai rata-ratakelas pada siklus 2 yaitu 83 terjadi peningkatan nilai ratarata kelas dari siklus 1ke siklus 2 sebesar 17 nilai siklus 1 66 00 dan nilai siklus 2 83 Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Example NonExample sebagai metode pembelajaran maka dapat meningkatkan prestasibelajar siswa pada mata diklat PMDK. Meningkatnya prestasi belajar siswa jugadapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan pada siklus 1 dansiklus 2 Hasil observasi aktivitas siswa yang ditunjukan pada siklus I dan siklus2 dilakukan pengamatan masing masing 2 x pertemuan. Hasil observasi aktivitassiswa menunjukan terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada siklus1 sebesar 50% dan 60 dan pada siklus 2 sebesar 70 dan 90

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621 307 19 /Fit/u
Keywords: Prestasi belajar ; Pembelajaran ; Example non example; Mekanik dasar kelistrikan ; Mata diklat
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 16 Jul 2019 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18909

Actions (login required)

View Item
View Item