Seriani (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR KOMPETENSI GURU SMA NEGERI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136132073 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM. 8136132073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3. NIM. 8136132073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
4. NIM. 8136132073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
5. NIM. 8136132073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
6. NIM. 8136132073 TABLES.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
7. NIM. 8136132073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
8. NIM. 8136132073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
9. NIM. 8136132073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13.NIM. 8136132073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14.NIM. 8136132073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan, melalui (1) mendeskripsikan faktor komunikasi dalam implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan, (2) mendeskripsikan faktor sumber daya dalam implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan, (3) mendeskripsikan faktor disposisi dalam implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan, (4) mendeskripsikan faktor struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden terdiri dari pihak Dinas Pendidikan kota Medan, Pengawas SMA kota Medan, Kepala SMA Negeri di kota Medan, dan guru SMA Negeri di kota Medan. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang mengacu kepada pendapat Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi mempengaruhi implementasi kebijakan standar kompetensi guru SMA Negeri di kota Medan. Pada faktor komunikasi, sosialisasi kebijakan standar kompetensi guru tidak dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan. Selanjutnya pada faktor sumber daya ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki dalam pelaksanaan standar kompetensi guru belum memadai. Kemudian pada faktor disposisi, para pelaksana kebijakan memiliki sikap atau persfektif yang mendukung kebijakan. Pada faktor struktur birokrasi, SOP yang digunakan hanya mengacu pada Permendiknas No. 16 Tahun 2007 karena dalam hal ini belum ada Peraturan Daerah terkait standar kompetensi guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.11 Ser i |
Keywords: | Kompetensi guru; Konsep implementasi kebijakan; Standar kompetensi guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 03:36 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1888 |