Suheriadi, Imam (2013) PENERAPAN PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN KHUSUSNYA PADA MATA DIKLAT MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 509431003 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. 509431003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
3. 509431003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. 509431003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. 509431003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. 509431003 BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
10. 509431003 BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
11. 509431003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
dengan diterapkannya Pengelolaan Kelas pada siswa XI SMK Negeri 1 Stabat; danmengetahui peningkatan penguasaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat. Metode yangdigunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelasdilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat dimana penelitian yang dilakukanberbentuk siklus dengan mengacu pada model spiral Kemmis dan Taggrat yang dilakukandalam 2 siklus. Yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa kelas XI SMK Negeri1 Stabatyang berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dandokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan tingkatpenguasaan materi pelajaran pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat yaitu padakompetensi dasar Memahami Instalasi Satu Fasa pada mata diklat Memasang InstalasiPenerangan Listrik Bangunan Sederhana yang dapat dilihat dari hasil evaluasi kemampuansiswa, yaitu pada tes pra tindakan hasilnya sebesar 58,12, pasca silus I meningkat menjadi71,04, dan pasca siklus II meningkat menjadi 81,56.Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan pengelolaan kelas pada matadiklat memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana terbukti dapatmeningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang dapat dilihat darimeningkatnya kedisiplinan siswa, perhatian siswa, keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, kelancaran siswa dalam menjaawab pertanyaan dan tanggung jawab siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi pasca siklus I sebesar 68,11, dan pasca siklus II sebesar 88,12.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 19 Suh p |
Keywords: | Pengelolaan kelas; Siswa; Pembelajaran; Instalasi listrik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18874 |