Gultom, Leo Chandra PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X SMK SWASTA QUICKLY MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
3. 61255210019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. 61255210019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. 61255210019 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. 61255210019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. 61255210019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 61255210019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. 61255210019 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
13. 6125520019 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. 61255210019 Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimenyaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis variansfaktorial 2 x 2.Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Quickly Medan pada semester ganjil (I) tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelasX Program Keahlian Audio Video yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelasdibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X AV 1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran investigasi kelompok dankelas X AV 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaranekspositori.Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran investigasi kelompok dan memiliki motivasi belajar tinggi adalahberdistribusi normal dimana Ltabel = 0,234 > Lhitung = 0,094 dan data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran investigasi kelompok dan memiliki motivasi belajar rendah adalah berdistribusinormal dimana Ltabel = 0,249 > Lhitung = 0,1302 dan data hasil belajarmenerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaranekspositori dan memiliki motivasi belajar tinggi adalah berdistribusi normaldimana Ltabel = 0,24 > Lhitung = 0,1286 dan data hasil belajar menerapkan dasardasarelektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori danmemiliki motivasi belajar rendah adalah berdistribusi normal dimana Ltabel =0,242 > Lhitung = 0,1231 dan kedua varians data adalah Homogen (  2hitung =5,83 <  2tabel = 7,82). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaraninvestigasi kelompok dan strategi pembelajaran ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 5,02> Ftabel = 4,030) (b) Tinggi rendahnya motivasi belajar memberi pengaruh yangberbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 26,70 >Ftabel = 4,03), (c) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 0,003 <Ftabel = 4,03).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Gul p |
Keywords: | Hasil belajar; mode; Strategi pembelajaran; Motivasi belajar; Investigasi kelompok |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18864 |