Pardede, Riky S (2013) PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU (PKB) PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 1MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/2013. Diploma thesis, UNIMED.
1. Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
3. NIM 081255310003 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 081255310003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. NIM 081255310003 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM 081255310003 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM 081255310003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM 081255310003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
10. NIM 081255310003 BAB I .pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
14. NIM 081255310003 BAB V .pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM 081255310003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa danhasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Konstruksi dengan standarkompetensi membuat pasangan sudut dan pertemuan siku-siku dua tembok dengantebal ½ bata, ikatan ½ bata. Melalui Penerapan Strategi Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Konstruksi Batudan Beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo.Rancangan penelitian yang di gunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas(PTK). Prosedur tindakan di kemas dalam bentuk siklus I pembelajaran membuatpasangan sudut siku-siku dua tembok ½ bata, ikatan ½ bata dan pada siklus IIpembelajaran membuat pasangan pertemuan siku-siku dua tembok dengan tebal ½bata, dengan ikatan ½ bata. Subjek penelitian ini siswa kelas XI Program Keahliankonstruksi batu dan beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi yang berjumlah 34siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian dan observasi, sedangkanteknik analisis data, hasil belajar siswa di peroleh dengan menganalisis tingkatkeaktifan siswa.Adapun hasil dari penelitian ini, dengan menggunakan Strategi ProblemBased Learning di peroleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 9 siswa(24,47%) yang kompeten pada siklus I menjadi 34 siswa (100%) yang kompetenpada siklus II. Sebagai ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperolehnilai >70. Sedangkan berdasarkan pengamatan aktivitas hasil belajar siswa denganmenggunakan Pembelajaran Problem Based Learning dapat menuntun siswa lebihaktif dalam belajar dan menambah semangat belajar. Dari hasil observasimemperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari 24,47% padasiklus I menjadi 100% pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus Iadalah 70,25, sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 90,14.Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan ProblemBased Learning di kelas XI Teknik Konstruksi Batu dan Beton pada mata pelajaran Pekerjaan Konstruksi dengan standar kompetensi membuat pasangan sudut dan pertemuan siku-siku dua tembok dengan tebal ½ bata, ikatan ½ bata SMK Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013 membuktikan peningkatan aktivitas dan hasilbelajar siswa yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 624.180 719 Oar p |
Keywords: | Hasil belajar; Praktek kerja batu; Hakikat strategi PBL; Tahp pembelajaran PBL; Hakikat pembelajaran; Ranah motorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18858 |