Silalahi, Dian Pebriana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123111011 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM 2123111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM 2123111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 2123111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM 2123111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 2123111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM 2123111011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 2123111011 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
12. NIM 2123111011 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
13. NIM 2123111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis naskah drama. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 370 siswa. Sampel diambil secara acak yaitu siswa kelas IX-5 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai.
Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016 sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 66,5 sedangkan kemampuan siswa menulis naskah drama sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 74, 33. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Nilai uji homogenitas yaitu Fhitung<Ftabel yakni 1.00< 1.84. Dan pengujian hipotesis yaitu to>ttabel yakni 2,94>1.70, telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Dilakukan analisis data ternyata diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016 tingkat sangat baik ada 6 orang atau 20 %, pada tingkat baik ada 17 orang atau 56.67 %, berada pada tingkat cukup ada 1 orang atau 3.33 %, dan yang berada pada kategori kurang tidak ada atau 0 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 042 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Kemampuan Menulis Naskah Drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 03:06 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 10:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1880 |