PENGARUH KOLABORASI MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN MACRO MEDIA FLASH PLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA YAYASAN PERGURUAN IMMANUEL TAHUN AJARAN 2012

Tambunan, Debora (2013) PENGARUH KOLABORASI MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN MACRO MEDIA FLASH PLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA YAYASAN PERGURUAN IMMANUEL TAHUN AJARAN 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5104121001 Cover.pdf]
Preview
Text
5104121001 Cover.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 5104121001 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
5104121001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[thumbnail of 5104121001 Abstrak.pdf]
Preview
Text
5104121001 Abstrak.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 5104121001 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
5104121001 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5104121001 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5104121001 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 5104121001 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
5104121001 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 5104121001 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
5104121001 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 5104121001 Bab I.pdf]
Preview
Text
5104121001 Bab I.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 5104121001 Bab V.pdf]
Preview
Text
5104121001 Bab V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 5104121001 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
5104121001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran menggunakan alat – alat ukur dengan menggunakan media power point dan macro media flash player dengan media gambar tempel pada siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta Yayasan Perguruan Imanuel. (2) pengaruh hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran menggunakan alat – alat ukur dengan menggunakan media pembelajaran power point dan macro media flash player pada siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta Yayasan Perguruan Imanuel, (3) perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran menggunakan alat – alat ukur dengan menggunakan media gambar tempel dengan metode klasik dan media pembelajaran power point dan macro media flash player pada siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta Yayasan Perguruan Imanuel. Peneliti melakukan penelitian terhadap 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 28 orang dan kelas kontrol sebanyak 26 orang, dimana kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran power poin dan macro media flash player dan kelas kontrol menggunakan media gambar tempel. Peneliti menggunakan soal dalam meneliti untuk melihat pengaruh media pembelajaran power poin dan macro media flash player dengan media gambar tempel terhadap hasil belajar siswa. Sebelum soal digunakan peneliti menyebarkan soal di kelas lain di SMK Yayasan Perguruan Immanuel Medadan dimana untuk Teknik Kendaraan Ringan Terdapat 4 kelas. Dari 30 soal terdapat 26 soal valid dengan reliabilitas 0,922 yang dikategorikan sangat tinggi. Dari penelitian yang terjadi pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan Media Pembelajaran Power Point dan Macro Media Flash Player diperoleh skor tertinggi sebesar 85 dan skor terendah 60 dengan nilai rata – rata 73.21 dan stardar deviasi 7.35 dan pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan media gambar tempel diperoleh skor tertinggi sebesar 75 dan skor terendah sebesar 50, nilai rata-rata 63.84 dan standar deviasi 8.69. Diketahui bahwa hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran power point dan macro media flash player akan lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media gambar tempel pada mata pelajaran menggunakan alat-alat ukur. Dimana hasil perhitungan analisis data bahwa thitung : 2.714 sedangkan ttabel pada α = 0.05 dan db : 52 melalui interpolasi diperoleh bahwa thitung > ttabel (2.714 > 1.658).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 629.046.071 Tam p
Keywords: Hasil; Pembelajaran; Power Point; Konvensional; Hipotesis; Berfikir; Gambar Tempel; Media; Video Flash Player
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 27 Jan 2017 09:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item
View Item