PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN MEDAN SUMATERA UTARA 2 T.A 2012/2013.

Sitompul, Rinto Saroha (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN MEDAN SUMATERA UTARA 2 T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 508321029 Cover.pdf]
Preview
Text
508321029 Cover.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 508321029 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
508321029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 508321029 Abstrak.pdf]
Preview
Text
508321029 Abstrak.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 508321029 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
508321029 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 508321029 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
508321029 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 508321029 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
508321029 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 508321029 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
508321029 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 508321029 Bab I.pdf]
Preview
Text
508321029 Bab I.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of 508321029 Bab V.pdf]
Preview
Text
508321029 Bab V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 508321029 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
508321029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik. Penelitian ini merupakan Kuasi Eksperimen yang membandingkan hasil belajar 3 (tiga) kelompok perlakuan dengan rancangan faktorial 2 x 2. Dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Medan Sumatera Utara 2 pada semester genap tahun ajaran 2012/2013.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Teladan Medan Sumatera Utara 2 dengan jumlah siswa 103 orang. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang ditetapkan melalui teknik pengambilan sampelcluster random sampling. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reabilitas. uji validitas butir tes digunakan rumus korelasi biserial. uji reabilitas tes digunakan rumus K-R20. Instrumen tes hasil belajar menginterpretasikan gambar teknik yang valid diperoleh 29 butir dari 40 butir tes yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitas diperoleh sebesar 0,904. Hasil uji persyaratan annalisis menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa berada pada distribusi normal dan variansi populasi adalah homogeny dimana normalitas diuji dengan Liliefors dan Homogenitas diuji dengan Uji Barlett.Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional ( F = 4,48, signifikan pada α = 0,01).Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingakan dengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ( F = 10,42, signifikan pada α = 0,01).Dengan tingkat motivasi belajar tinggi, hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional ( Q = 5,4545, signifikan pada α = 0,01).Dengan tingkat motivasi belajar rendah, hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri tidak berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi model pembelajaran inkuiri dan motivasi belajar yang mempengaruhi hasil belajar. Hasil perbandingan ganda menunjukkan bahwa kelompok siswa model inkuiri yang memiliki motivasi belajar tinggi mempe

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 629.046.071/sit/p
Keywords: teoritis;menginter prestasikan; pembelajaan;inkuin;proses;modal;struktur;konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 27 Jan 2017 09:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18786

Actions (login required)

View Item
View Item