Gerland, Ali (2013) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK MESIN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MESIN BUBUT SISWA TINGKAT II KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508121016 Cover.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
508121016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
508121016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
508121016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
508121016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
508121016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
508121016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
508121016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
508121016 Bab I.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
508121016 Bab V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
508121016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara: (1) Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut; (2) Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut; dan (3) Kemampuan Menggunakan Mesin Bubut dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tingkat II SMK N 2 Medan dengan jumlah 36 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah dari populasi yaitu 36 orang. Data penelitian diambil dengan menggunakan Tes pilihan berganda untuk variabel Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin (X1), dengan menggunakan angket model skala likert untuk variabel Disiplin Belajar (X2) dan untuk Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut diambil dari data Daftar Kumpulan Nilai (DKN) raport siswa. Berdasarkan hasil penelitian uji kecenderungan Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin berada pada kategori tinggi, Disiplin Belajar berada pada kategori rendah dan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut termasuk dalam kategori cukup.Hasil Pengujian hipotesis diperoleh bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut diperoleh nilai ry₁.₂= 0,784. (2) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut dengan nilai ry₂.₁ = 0,460. (3) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut, hasil nilai fh = 19,428 > ft = 4,16, thitung = 9,45 > ttabel = 2,0336. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan ada hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.943 071 Ger h |
Keywords: | Gambar Teknik; Disiplin Belajar;Sekolah; Mesin Bubut; Hasil Belajar; Membaca |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18783 |