Marpaung, Janter Edward (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MELAKUKAN PERAWATAN PCKELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK NEGERI 1LINTONGNIHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131032 Cover.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
508131032 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
508131032 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
508131032 Abstrak.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
508131032 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
508131032 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
508131032 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
508131032 Bab I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
508131032 Bab V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
508131032 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan mode pembelajarankooperaif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa padakompetensi Melakukan Perawatan PC (MPPC) kelas X Teknik KomputerJaringan SMK negeri 1 Lintongnihuta.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X bidang keahlian teknikkomputer jaringan SMK negeri 1 lintongnihuta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X teknik komputer jaringan SMK negeri 1 lintongnihuta yang terdiri dari 36 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknikrandom sampling, dimana dipilih popuasi yang dijadikan sampel. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas. Teknik pengumpuan data dijaring dengan menggunakan tes,observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus terdapat 1 kali pertemuan. Siklus 1 pada pertemuan 1 diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dengan persentase 55,4%, sedangkan pada pertemuan 2siklus II diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 34 orang dengan persentase 94,74%. Hasil observasi aktifitas guru pada pertemuan 1 siklus I memperoleh skor 40 dan pada pertemuan 2 siklus II memperoleh 53 dengan masing-masing persentase sebesar 71,4% dan 94,6%. Dari observasi siswa saat KBM terlihat bahwa keaktifan siswa pada pertemuan 1 Siklus I belum sesuai dengan target yang diharapkan. Hasil observasi siswa saat KBM pada pertemuan 2 siklus II persentase siswa yang aktif sudah lebih dari 80% dan sesaui dengan target yang diharapkan. Untuk keaktifan kelompok pada pertemuan 2 siklus II seluruh kelompok telah melewati 80%. Dari paparan ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi mlakukan perawatan PC kelas X teknik komputer jaringan SMK negeri 1 Lintongnihuta
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.390 71 Mar p |
Keywords: | Komputer; Perawatan; Materi; Pembelajaran; Pembelajaran koperatif; Model; Tink-Pair-Share |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18772 |