Marbun, Sartika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASIF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAKKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2122111021 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 2122111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM 2122111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM 2122111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 2122111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 2122111021 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 2122111021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM 2122111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
12. NIM 2122111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
13. NIM 2122111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap kemampuan menulis karangan persuasif oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 194 orang siswa.
Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desaign. Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan menulis karagan persuasif sebelum menggunakan model pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) dengan rata-rata 64,8, standar deviasi 7,9 , dengan berkategori sangat baik 0% berkategori baik 39%, berkategori cukup 53%, berkategori kurang 8%, dan berkategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil kemampuan menulis karagan persuasif sebelum menggunakan model pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) diperoleh rata-rata 77,2, standar deviasi 8,2 , dengan berkategori sangat baik 28%, berkategori baik 58%, berkategori cukup 14%, berkategori kurang 0%, dan berkategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t_(o )sebesar 7,56 ; setelah t_o diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan t_(tabel ), pada taraf signifikan 5% = 2,03, karena t_o yang diperoleh lebih besar dari t_tabel yaitu 7,56>2,03, hipotesis alternatif (H_a) diterima.
Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan persuasif oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 026 |
Keywords: | Model Peta Pikiran (Mind Mapping); Menulis Karangan Persuasif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:54 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1876 |