Nababan, Setiawan Eko (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEMBASED LEARNING (PBL) DAN MOTIVASI BERPRESTASI DALAM MENINGKATKAN HASILBELAJAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA (MPKE)TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131022 Cover.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
508131022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
508131022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
508131022 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
508131022 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
508131022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
508131022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
508131022 Bab I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
508131022 Bab V.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
508131022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas I program studi (Prodi) Teknik InstalasiTenaga Listrik 1 (TITL1) yang berjumlah 32 orang dan Kelas I Prodi TeknikInstalasi Tenaga Listrik 2 (TITL2) yang berjumlah 31 orang sehingga jumlahkeseluruhan sampel adalah 63 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen.Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif dan angketmotivasi berprestasi. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diperoleh Lhitung(0,0890) <Ltabel(0,1591) pada kategori normal, pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung(0,1202) < Ltabel(0,1566) pada kategori normal, pada pembelajaran siswa yang memiliki motivasi berprestasitinggi diperoleh Lhitung(0,1023) < Ltabel 0,1542) pada kategori normal , pada pembelajaran siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah diperolehLhitung(0,0956) < Ltabel (0,161) pada kategori normal, pada pembelajaran siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi pada kelas yang diajar dengan strategipembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung(0,1330) < Ltabel (0,2060) pada kategori normal, pada pembelajaran siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung(0,1356)< Ltabel(0,2200) pada kategori normal, pada pembelajaran siswa yang memilikimotivasi berprestasi tinggi pada kelas yang diajar dengan strategi pembelajaranProblem Based Learning (PBL) diperoleh Lhitung(0,1283) < Ltabel (0,2130) pada kategori normal, dan pada pembelajaran siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diperoleh Lhitung(0,1310) < Ltabel (0,2200) pada kategori normal. Untuk mengujihomogenitas dibagi dalam tiga kelompok varians dengan menggunakan ujiBartlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05. Kelompok varians pertama (antar strategi pembelajaran) diperoleh X2hitung(2,50) < X2 tabel (3,84) dimana seluruh varians sampel adalah homogen, kelompok varians kedua (antar motivasi berprestasi) diperoleh X2 hitung(0,24) < X2 tabel (3,84) dimana seluruh varians sampel adalah homogen, kelompok varians ketiga (antar cell) diperoleh X2hitung(1,20) < X2 tabel (7,81) dimana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 Nab p |
Keywords: | Motivasi berprestasi; Strategi pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18758 |