Samosir, Leonard (2013) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI MEMASANG INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA KELAS X DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131038 Cover.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
508131038 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
508131038 Abstrak.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
508131038 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
508131038 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
508131038 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
508131038 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
508131038 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
508131038 Bab I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
508131038 Bab V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
508131038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penetlitian ini adalah rendahnya hasil belajar teori Memasang Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teori MITLBS pada kelas X di SMK N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012 – 2013 dengan menerapkan media pembelajaran berbasis animasi power point.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK N 1 Lubuk Pakam. Penelitian terdiri dari 2 Siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test untuk melihat hasil belajar siswa selama proses pembelajran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Dari analisis data yang diperoleh hasil belajar siswa pada test Siklus I mengalami peningkatan sebesar 20% dari Pretest dengan nilai rata – rata pretest 58,6 ( 7 siswa tuntas) dengan persentase 23% dan pada Siklus I nilai rata – rata 67,4 (13 siswa tuntas) dengan persentase 43%. Dan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan hasil yang diperoleh adalah nilai rata – rata 75 (24 siswa tuntas) dengan persentase 80%. Terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 37% (dari 43% menjadi 80%).Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran menggunakan animasi power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada teori memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana di kelas X SMK N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012 – 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 1 Sam p |
Keywords: | Animasi; Power Point; Instalasi; Siklus; Reduksi Data |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18751 |