Siagian, Febrianto S M (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131023 Cover.PDF - Published Version
Download (56kB) | Preview
508131023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
508131023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
508131023 Kata Pengantar.PDF - Published Version
Download (91kB) | Preview
508131023 Daftar Isi.PDF - Published Version
Download (132kB) | Preview
508131023 Daftar Tabel.PDF - Published Version
Download (90kB) | Preview
508131023 Daftar Lampiran.PDF - Published Version
Download (89kB) | Preview
508131023 Daftar Gambar.PDF - Published Version
Download (49kB) | Preview
508131023 Bab I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
508131023 Bab V.PDF - Published Version
Download (222kB) | Preview
508131023 Daftar Pustaka.PDF - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar kompetensi Menggunakan Hasil Pengukuran (MHP) antara siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 2 Pematangsiantar yang mengikuti kompetensi Menggunakan Hasil Pengukuran (MHP) yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak, dan yang terpilih menjadi kelas eksperimen (kelas yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD) adalah kelas 1 TITL1 yang berjumlah 36 siswa serta kelas 1 TPTL2 yang terpilih menjadi kelas kontrol (kelas yang menerapkan metode pembelajaran ekspositori) yang berjumlah 36 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 72 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar kompetensi MHP antara metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode pembelajaran ekspositori, dimana hasil belajar MHP untuk kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari hasil belajar MHP untuk kelas yang menerapkan pembelajaran ekspositori. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar MHP pada siswa kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 3,347 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1.67.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 1 Sia p |
Keywords: | Belajar; Kooperatif; STAD; Kompetensi; Keahlian; Intalasi; Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 May 2023 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18746 |