Hutabarat, Richardo F (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MELATI PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
508331036 Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
508331036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (882kB) | Preview
508331036 Abstrak.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
508331036 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
508331036 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
508331036 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
508331036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
508331036 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
508331036 Bab I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
508331036 Bab V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
508331036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui prosedur pengembanganpembelajaran dan menghasilkan cd interaktif pada Kompetensi Menerapkan Dasar-DasarKelistrikan, (2) Mengetahui respon siswa terhadap Multimedia interaktif padaKompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan. Penelitian ini dilakukan pada siswakelas X program keahlian teknik audio video SMK melati Perbaungan Tahun Ajaran2012/2013. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Program Keahlian TeknikAudio Video SMK Melati Perbaungan yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 20 orang.sampel penelitian ini dilaksanakan pada keseluruhan kelas X TAV dimana pembelajaranberbasis multimedia interaktif dengan menggunakan CD Interaktif pada kelas X TAV.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan.Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dalam bentuk pertanyaanpertanyaanterbuka dengan sampel siswa yang telah mengikuti mengikuti kompetensimenerapkan dasar-dasar kelistrikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1)Prosedur pengembangan media pembelajaran yang telah menghasilkan Multimediainteraktif adalah: (a) Potensi dan masalah, (b) Mengumpulkan informasi, (c) PembuatanDesain produk sebagai konsep dasar pengembangan, (d) Validasi Desain, (e) Perbaikandesain, (f) Uji coba produk, ahli media, dan ahli materi, (g) Revisi produk dari keempatahli, (h) Uji Coba pemakaian, pengenalan kepada siswa dengan cara membagikan media,(i) Produk Massal, (2) Respon siswa dalam menggunakan Multimedia Interaktifmenerapkan dasar-dasar kelistrikan ini termasuk dalam kategori Sangat Baik.Kata kunci: Model pengembangan metode research and development, model desainpembelajaran ADDIE, Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka (openended).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 1 Hut p |
Keywords: | Media; Jenis Media; Interaksi; Listrik; Audio Video |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18743 |