Sihaloho, Rio Atmona (2013) PENGGUNAAN SOFTWARE ELEKTRIK KUMANDA TEKNILERI SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEL. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131043 Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
508131043 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
508131043 Abstrak.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
508131043 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
508131043 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
508131043 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
508131043 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
508131043 Bab I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
508131043 Bab V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
508131043 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah software EKTS mampu meningkatkan hasil belajar dan respon siswa dalam pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik pada Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2012/2013 jumlah siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) adalah 22 orang dan metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil belajar yang didapat pada pembelajaran tahun sebelumnya bahwa dari 32 jumlah siswa hanya ada 12 orang ( 37,5 %) yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Pada pembelajaran Siklus I yang mencapai nilai KKM sebanyak 14 orang (63,63 %) dari jumlah siswa seluruhnya. Dengan melihat persentase tersebut maka perlu dilanjutkan pada pembelajaran Siklus II. Pada pembelajaran Silkus II yang mencapai nilai KKM sebanyaK 19 orang (86,36 %) yang artinya siswa sudah mencapai nilai ketuntasan ≥ 85 %. Berdasarkan ketertarikan dari hasil angket menunjukkan bahwa 20 orang (90,90 %) dikategorikan tertarik dengan media pembelajaran yang digunakan hanya ada 2 orang (9,09 %) yang tidak tertarik. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa pembelajaran dengan media EKTS dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada kompetensi Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 1 Sih p |
Keywords: | Belajar; Media Pembelajaran; Komputer; Sofware; Stimulasi; Elektromagnetik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18742 |