Sari, Desi Puspita (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK DRAMA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PEMENTASAN DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2122111006_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 2122111006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
3. NIM. 2122111006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 2122111006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 2122111006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 2122111006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2122111006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2122111006_BAB I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
12. NIM. 2122111006_BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM. 2122111006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman unsur intrinsik drama terhadap kemampuan memahami pementasan drama yang dilaksanakan pada bulan Januari 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini sebanyak 38 orang siswa dari jumlah populasi keseluruhan 320 siswa.
Metode yang digunakan dalam pemelitian ini adalah metode deskriptif dalam bentuk kajian korelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson (r) dengan rumus:
Dari pengolahan data diperoleh hasil pemahaman unsur intrinsik drama dengan rata-rata= 81,3, standar deviasi= 8,55 dan termasuk pada kategori baik. Kemudian hasil kemampuan memahami pementasan drama diperoleh rata-rata= 83,55, standar deviasi= 7,42 dan termasuk pada kategori baik. Dari uji data hasil pemahaman unsur intrinsik drama dan kemampuan memahami pementasan drama didapat keduanya berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang berarti dan linier. Setelah uji persyaratan analisis dipenuhi, maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis dan diperoleh r= 0,920. Harga ini kemudian dikonsultasikan dengan sebesar 0,320 dengan taraf signifikansi 5%. Karena > , maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemahaman unsur intrinsik drama terhadap kemampuan memahami pementasan drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 028 |
Keywords: | Pemahaman Unsur Intrinsik Drama; Pemahaman Pementasan Drama. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:48 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1874 |