Syahbandi, Fajar (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PEKERJAAN MEKANIK DASAR DI KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
08125521004 Cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
081255210004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
08125521004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
08125521004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
08125521004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
08125521004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08125521004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08125521004 Bab I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
08125521004 Bab V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
08125521004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi melakukan pekerjaan mekanik dasar di kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X teknik Instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 stabat yang terdiri dari 31 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi di jadikan sampel.Metode penelitian yang digunakan pada peneitian ni adalah penelitian tindakan kelas, pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. instrument penelitian menggunakan tes hasil belajar.Dari hasil pre tes yang dilakukan, diperoleh 7 siswa atau 22,6% dari siswa yang memenuhi KKM, dengan nilai rata-rata hanya 56,13. Kemudian dilaksanakan tindakan pada siklus I dan terjadi peningkatan tingkat ketuntasan belajar siswa menjadi 12 orang atau 38,71% meningkat 16,1%, tapi secara keseluruhan siswa belum mencapai KKM, kemudian dilaksanakan kembali tindakan pada siklus II dan di peroleh peningkatan tingkat ketuntasan belajar siswa menjadi 30 orang atau 96,77% meningkat 58,1% dengan nilai rata-rata kelas 78,39,Berdasarkan hasil penelitian mulai dari pre tes, post tes I dan post tes II yang mengalami peningkatan yang signifikan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya pada pelajaran Melakukan Pekerjaan Mekanik Dasar di kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2012/2013 sudah berhasil di laksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.180 71 Sya p |
Keywords: | Belajar; Tutor Sebaya; Mekanik Dasar; Prosedur; Hasil Belajar; Kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Jan 2017 05:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18738 |