Simanjuntak, Rihold R (2013) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508111041 Cover.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
508111041 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
508111041 Abstrak.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
508111041 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
508111041 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
508111041 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
508111041 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
508111041 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
508111041 Bab I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
508111041 Bab V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
508111041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan menggambar teknik dasar dengan membandingkan Media Pembelajaran Visual dan Media Pembelajaran Verbal serta melihat karakteristik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam proses pembelajaran.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah 60 orang yang terdiri dari kelas eksperimen untuk perlakuan dengan Media Pembelajaran Visual yaitu kelas Teknik Gambar Bangunan 1 sebanyak 30 orang dan kelas kontrol untuk perlakuan dengan Media Pembelajaran Verbal yaitu kelas Teknik Gambar Bangunan 2 sebanyak 30 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu di ujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas butir tes digunakan rumus korelasi biserial. Uji reliabilitas tes digunakan rumus KR-20. Instrumen tes hasil belajar pengetahuan menggambar teknik dasar yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir tes yang di ujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.81.Teknik pengambilan sampel digunakan cluster random sampling dengan metode dan rancangan penelitian eksperimen desain Anava 2 x 2. Variabel penelitian memenuhi persyaratan normalitas dikaji dengan uji Liliefors dan memenuhi persyaratan homogenitas dengan uji Barlett.Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan Media Pembelajaran Visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Media Pembelajaran Verbal dengan ditunjukkan Fhitung = 14,754 > Ftabel = 4,015 pada taraf signifikansi α = 0,05. Sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan ditunjukkan Fhitung = 23,159 > Ftabel = 4,015. Serta tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar pengetahuan menggambar teknik dasar siswa. Diperoleh Fhitung = -2,286 < Ftabel = 4,015.Dapat disimpulkan bahwa 1). Media Pembelajaran Visual dan media pembelajaran gambar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar pengetahuan menggambar teknik dasar, 2). Tinggi rendahnya motivasi belajar siswa memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar pengetahuan menggambar teknik dasar, 3). Tidak adanya interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar pengetahuan menggambar teknik dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690.107 1 Sim p |
Keywords: | Media; pembelajaran; Visual; Komunikasi Verbal; Motivasi Belajar; Gambar Tehnis; Tehnik Bangunan; Proyeksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 09:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18714 |