Purba, Friska Andriana (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA MATA PELAJARAN KOSMETIKA KECANTKAN SISWA KELAS XI SMK PEMBANGUNAN DAERAH LUBUK PAKAM T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 508143022 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM 508143022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
NIM 508143022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM 508143022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
NIM 508143022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM 508143022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 508143022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 508143022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 508143022 BAB I.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
NIM 508143022 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
NIM 508143022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas XI SMK Pembangunan Daerah T.P 2012/2013 dengan menggunakan metode pemberian tugas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Reseach) yang merupakan penelitian partisipan dimana guru terlibat secara langsung dalam penelitian dari proses awal sampai akhir kegiatan penelitian yang dilakukan di dalam kelas dan peneliti sebagai mitra guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam yang beralamat di Jl. T. Raja Muda N0.11 Lubuk Pakam. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI-2 Tata Kecantikan yang berjumlah 30 orang dimana hasil belajar siswa rendah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes dan observasi. Tes berguna untuk mengetahui pengetahuan siswa selama proses pembelajaran kosmetika kecantikan berlangsung. Tes yang digunakan adalah pretest (tes awal) dan postest Siklus I dan Siklus II (tes akhir). Untuk melihat nilai rata-rata keseluruhan siswa, nilai postest ditambah dengan penilaian portopolio. Sedangkan observasi aktivitas siswa dilakukan secara langsung pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas. Dari hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa yaitu,, 40% siswa yang tuntas pada saat pretest, 50% siswa yang tuntas pada Siklus I, dan 83,33% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) pada Siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari hasil belajar siswa siklus I ke hasil belajar siswa siklus II sebesar 33,33%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas pada pelajaran kosmetika kecantikan dengan materi pokok kosmetika tradisional di kelas XI SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam T.P 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penggunaan metode pemberian tugas dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam pembelajaran kosmetika kecantikanKata Kunci : Hasil Belajar, Metode Pemberian Tugas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646 Pur p |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Metode Pemberian Tugas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 06:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18682 |