Hia, Elvin Orisnawati (2012) KONTRIBUSI PENGETAHUAN MENGENAI KUPNAT TERHADAP HASIL KARYA BUSANA PESTA PADA SISWA KELAS II TATA BUSANA SMK NEGERI 10 MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 061255410095 COVER.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
NIM 061255410095 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
NIM 061255410095 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM 061255410095 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
NIM 061255410095 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
NIM 061255410095 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
NIM 061255410095 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
NIM 061255410095 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
NIM 061255410095 BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
NIM 061255410095 BAB V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
NIM 061255410095 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi pengetahuan mengenai kupnat terhadap hasil busana pesta pada siswa kelas II Tata Busana SMK Negeri 10 Medan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kategori pengetahuan mengenai kupnat terhadap hasil karya busana pesta.Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Tata Busana SMK Negeri 10 Medan yang berjumlah 26 orang dari 53 orang populasi yang ada. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpossive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu cara/teknik penelitian yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes pengetahuan dan lembar pengamatan. Untuk mengumpulkan data pengetahuan mengenai kupnat diperoleh dengan menyebarkan tes, sedangkan untuk menjaring data hasil karya busana pesta diperoleh dengan menggunakan lembar pengamatan. Tes dan lembar pengetahuan disusun oleh peneliti sehingga perlu diujicoba. Hasil uji instrumen tes pengetahuan menunjukkan dari 30 tes pengetahuan maka 29 item dinyatakan valid dan 1 item tidak valid dengan indeks reliabilitas 0,629 (kategori cukup). Untuk melihat apakah lembar pengamatan layak dilakukan untuk menjaring data maka terlebih dahulu dilakukan ujicoba lembar pengamatan. Dari hasil ujicoba yang dilakukan maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan penilaian antara ketiga pengamat, dimana Fobservasi< Ftabel atau 0,171 < 5,14, sehingga lembar pengamatan layak digunakan untuk menjaring data penelitian yang sebenarnya.Pada uji kecenderungan dari 26 sampel penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan mengenai kupnat diperoleh 15 orang (57,69 %) cenderung tinggi, 11 orang (42,30 %) cenderung cukup dan data hasil karya busana pesta diperoleh 15 orang (57,69%) cenderung baik, 8 orang (30,76%) cenderung cukup, dan 3 orang (11,54%) cenderung kurang. Dari uji hipotesis penelitian dengan menggunakan rumus korelasi product moment di peroleh rxy= 0,726, sehingga harga rxy> rtabel yaitu 0,726 > 0,388 pada taraf signifikansi 5%, Dengan demikian dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan diterima pada taraf signifikansi 0,05, dengan besar kontribusi 52,71 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646 Hia k |
Keywords: | Kupnat; Hasil Karya Busana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18675 |