Siboro, Masron (2013) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN/SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN PADA SISWA TINGKAT XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA MARKUS-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover Skripsi. M.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
ABSTRAK1.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR Q.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
6. BAB I... Revisi (Mas).pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
10. BAB V... Revisi (Mas).pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA (Mas).pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang nilai hasil belajar pemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin rendah atau belum dikatakan mamuaskan, karena disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar siswa jika dilihat dari KKM semester IV tahun 2011.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Bensin Di SMK Swasta Markus-2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 60 orang siswa yaitu : 30 orang siswa tingkat XI TKR-1, dan 30 orang siswa tingkat XI TKR-2Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional, yaitu suatu teknik pengumpulan data untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan dan gejala yang ada pada saat penelitian dilakukan. Data Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar dijaring melalui angket tertutup dalam bentuk model skala liker, dan Hasil Belajar Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Bensin merupakan data dokumentasi yaitu nilai hasil ujian akhir semester siswa SMK Swasta Markus-2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Uji coba instrumen penelitian dilaksanakan di SMK TR Dharma Bakti Medan yang terdiri dari 30 butir pada setiap variabel. Diperoleh 28 butir angket yang valid untuk Kompetensi Guru dengan reabilitasnya 0,972 sedangkan 27 butir angket yang valid untuk Motivasi Belajar dengan reabilitasnya 0,941. Dengan demikian dari kedua variabel tersebut memiliki tingkat reabilitas yang sangat tinggi.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan hasil belajar pemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin pada siswa tingkat XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Markus-2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 sebesar ry.1 = 0,258; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin pada siswa tingkat XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Markus-2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 sebesar ry.2 = 0,372; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kompetensi guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar pemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin pada siswa tingkat XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Markus-2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 sebesar R= 0,569.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.046 071 9 Sib h |
Keywords: | KoMPETENSI; Guru; Motivasi; Hasil belajar; Servis; Bahan bakar bensin. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TP Chemical technology > TP315 Fuel |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18660 |