Nasution, Ardiansah (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARANPEMELIHARAAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPETA KONSEP PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMKTISWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN AJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 508321001 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. 508321001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
3. 508321001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. 508321001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. 508321001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. 508321001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 508321001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 508321001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
10. 508321001 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model peta konsep dalam proses pembelajaran Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin di SMK – TI Swasta Budi Agung Medan Tahun Pelajaran 2012 / 2013.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Reseach) yang merupakan penelitian partisipan dimana guru terlibat secara langsung dalam penelitian dari proses awalsampai akhir kegiatan penelitian yang dilakukan di dalam kelas dan peneliti sebagai mitra guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMK-TI Swasta Budi Agung Medan yang beralamat di Jl. Platina Raya No.7 kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Tahun Pelajaran2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes dan observasi. Tes berguna untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa selama prosespembelajaran Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin berlangsung. Tes yang digunakan adalah pretest (tes awal), postest Siklus I dan Siklus II (tes akhir). Untuk melihat nilai rataratakeseluruhan siswa, nilai postest ditambah dengan penilaian hasil pengamatan. Pengamatan atau observasi aktivitas siswa dilakukan secara langsung pada saat prosespembelajaran dengan menerapkan metode peta konsep. Dari hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa yaitu, 39,40% siswa yangtuntas pada saat pretest, 66,67 % siswa yang tuntas pada Siklus I, dan 82,72 % siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) pada Siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari hasil belajar siswa siklus I ke hasilbelajar siswa siklus II sebesar 16,05%.Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Peta Konsep dengan pembelajarandapat meningkatkan hasil belajar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Smk-Ti Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2012-2013. Hal ini berarti bahwa penerapan metode Pet5a Konsep dapat digunakan sebagai salah satu cara atau metode mengajar bagi guru dalam pembelajaran PemeliharaanSistem Bahan Bakar Bensin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.046 071 9 Nas p |
Keywords: | Hasil belajar; Peta konsep; Pemeliharaan; Sistem bahan bakar bensin; Model; Pembelajaran. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 May 2018 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18659 |