SILABAN, POLTAK (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR KOMPETENSI PEMELIHARAAN/SERVIS UNIT FINAL DRIVE/GARDAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA TINGKAT II SMK SWASTA TRI SAKTI LUBUK PAKAM 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 0510310889 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM 0510310889 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
NIM 0510310889 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
NIM 0510310889 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM 0510310889 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM 0510310889 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM 0510310889 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 0510310889 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
NIM 0510310889 BABV .pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
NIM 0510310889 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah sebagian besar siswa tingkat II SMK Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam diperoleh keterangan bahwa hasil belajar kompetensi pemeliharaan/servis unit final drive/gardan siswa tersebut masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan formatif pada semester 2 (dua) tingkat II tahun pelajaran 2009/2010 sekitar 47% siswa yang dapat dikategorikan lulus dan pada tahun pelajaran 2010/2011 hanya sekitar 50% juga siswa yang dapat dikategorikan lulus, dengan standar ketuntasan minimal mata pelajaran kompetensi pemeliharaan/servis unit final drive/gardan 7,0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil dan aktifitas belajar kompetensi pemeliharaan/servis unit final drive/gardan melalui penerapan pembelajaran menggunakan media CD Interaktif pada siswa tingkat II SMK Tri Sakti Lubuk Pakam.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian adalah siswa tingkat II SMK Tri Sakti Lubuk Pakam yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data, hasil belajar diperoleh dengan menganalisis nilai ulangan PTK dan aktivitas belajar diperoleh dengan menganalisis tingkat keaktifan siswa.Dari hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 26 siswa (68,42%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 32 siswa (84,21%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥70. Sedangkan berdasarkan pengamatan aktivitas belajar siswa, belajar dengan menggunakan media CD interaktif dapat menuntun siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar, dan menambah semangat belajar. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I hanya rata – rata 61,84% menjadi 74,60% pada siklus II.Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media CD interaktif pada siswa tingkat II SMK Tri Sakti Lubuk Pakam 2011/2012 membuktikan peningkatan hasil dan aktivitas belajar kompetensi pemeliharaan/servis unit final drive/gardan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 620 Sil u |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Media CD Interaktif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18635 |