Damanik, Maylista (2016) PENGARUH MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE (INDUKTIF KATA BERGAMBAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015,. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113311045 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 2113311045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
3. NIM. 2113311045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM. 2113311045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 2113311045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 2113311045 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 2113311045 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 2113311045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
12. NIM. 2113311045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 2113311045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan sebanyak 204 orang. Sampel yang digunakan adalah homogeny berjumlah 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 75,50, sedangkan kelas kontrol adalah 67,1. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa setelah perlakuan (kelas eksperimen) lebih tinggi dari pada sebelum perlakuan (kelas kontrol).
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh =3,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1 % dengan dk = (N1 +N2) -2 = (30+30) – 2 = 58. Pada tabel t dengan dk = 58 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03 dan taraf signifikan 1% = 2,72. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,03<3,49>2,72 maka hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran induktif kata bergambar mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 019 |
Keywords: | Model induktif: Kata Bergambar; Pembelajaran Langsung; Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 01:56 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1863 |