Sitompul, Rokianda (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071255310009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
NIM 071255310009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
NIM 071255310009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
NIM 071255310009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
NIM 071255310009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM 071255310009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
NIM 071255310009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM 071255310009 BAB I.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
NIM 071255310009 BAB V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
NIM 071255310009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Autocad Pada Siswa Kelas XI Bidang Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah responden 35 orang. Data penelitian variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan (X1) dan Minat belajar (X2) dijaring dengan angket. Hasil belajar Autocad (Y) dijaring menggunakan tes. Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan (X1) 26 valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,842 pada taraf signifikansi 5%. (2) variabel Minat belajar (X2) 27 valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,800 pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajar Autocad (Y) 26 soal yang valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,822 pada taraf signifikansi 5%. Indeks kesukaran tes hasil belajar Autocad yaitu 23 soal kategori sedang dan 3 soal kategori mudah. Daya pembeda butir soal hasil belajar Autocad terdapat 18 soal kategori cukup, 8 kategori baik. Uji normalitas dengan chi kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan (X1) yaitu hitung = 7,220 < tabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (2) Minat belajar (X2) yaitu hitung = 5,733 < tabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajar Autocad (Y) yaitu hitung = 10,749 < tabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signfikansi 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Ŷ = 31,211 + 0,196X1, uji coba kelinieran persamaan regresi Y atas X1 yaitu Fhitung = 2,30 < Ftabel = 2,31 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Ŷ = 8,980 + 0,328X2, uji coba kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhitung = 28,361 > Ftabel = 4,14 mempunyai konstribusi yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan (X1) dengan hasil belajar Autocad (Y) yaitu rhitung = 1,840 > rtabel = 1,70 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) Minat belajar (X2) dengan hasil belajar Autocad (Y) yaitu rhitung = 2,634 > rtabel = 1,70 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Korelasi ganda antara X1 dan X2 terhadap Y menunjukkan korelasi yang positif dan berarti dengan r = 0,419 dan R2 = 0,175 yang berarti 25,50% mata pelajaran Autocad dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan dan Minat belajar dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690 Sit h |
Keywords: | Guru;Minat Belajar;Instrumen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18607 |