SEMBIRING, JAVELIN (2012) HUBUNGAN ANTARA MEDIA BELAJAR DAN SIKAP KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUJIAN BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 061255310038 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
NIM 061255310038 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (853kB) | Preview
NIM 061255310038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
NIM 061255310038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 061255310038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 061255310038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 061255310038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 061255310038 BAB I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
NIM 061255310038 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
NIM 061255310038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberartian hubungan antara Media Belajar Dan Sikap Kreatif Siswa Terhadap Hasil Belajar Pengujian Bahan Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMK Negeri 1 Berastagi dengan jumlah responden 30 orang. Data penelitian variabel Media Blajare (X1) dan Sikap Kreatif Siswa (X2) dijaring dengan angket, sedangkan hasil belajar pengujian bahan bangunan (Y) dijaring dengan tes.Berdasarkan uji coba instrument didapat hasil : (1) variabel Media Belajar (X1) 35 soal valid, reliabilitas tinggi sebesar 0,870 pada taraf signifikansi 5%. (2) variabel Sikap Kreatif Siswa32 (X2) 32 soal yang valid, reabilitas yang sangat tinggi sebesar 0,844 pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajar pengujian bahan bangunan (Y) 35 soal yang valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,936 pada taraf signifikansi 5%. Taraf kesukaran soal pada hasil belajar pengujian bahan bangunan 24 butir soal yang kategori sedang dan 16 butir soal kategori mudah. Memiliki daya pembeda 29 butir soal kategori baik, 5 butir soal kategori cukup dan 6 butir soal kategori jelek.Uji normalitas masing – masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel Media Belajar (X1) yaitu χ²hit = 4,015 < χ²tab = 11,070 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) variabel Sikap Kreatif Siswa (X2) yaitu χ²hit = 9,732 < χ²tab = 11,070 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (3) variabel hasil belajar pengujian bahan bangunan (Y) yaitu χ²hit = 3,434 < χ²tab = 11,070 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y= 9,160 + 0,127X1, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X1 yaitu Y= 9,294 + 0,126 X1 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Y= 9,294 +0,126 X2, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhit = 5,026 > Ftab = 4,22 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) variabel Media Belajar (X¬1) dengan hasil belajar pengujian bahan bangunan (Y) yaitu rhit = 0,404 > rtab = 0,361 menunjukkan korelasi positif dan berarti. (2) Sikap Kreatif Siswa (X2) dengan hasil belajar pengujian bahan (Y) yaitu rhit = 0,390 > rtab 0,361 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Berdasarkan hasil penelitian ini semakin Baik Media Belajar (X1) maka hasil belajar pengujian bahan bangunan juga akan semakin tinggi (Y). Semakin baik Sikap Kreatif Siswa (X2) maka semakin tinggi pula hasil belajar pengujian bahan bangunan (Y). semakin Baik Media Belajar (X1) dan semakin baik Sikap Kreatif Siswa maka hasil belajar pengujian bahan bangunan juga akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690 Sem h |
Keywords: | Populasi; Sempel; Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18604 |