BARUTU S, NATALIA (2012) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN RESITASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNANSMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGITAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 508111038 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM 508111038 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
NIM 508111038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
NIM 508111038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
NIM 508111038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM 508111038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 508111038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM 508111038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM 508111038 BAB I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
NIM 508111038 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
NIM 508111038 DAFTAR PUSTAKA...pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Menggambar Teknik Dasar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi dengan menerapkan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012/ 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu tes belajar menggambar teknik dasar di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas dan reabilitas. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Biserial dan uji reabilitas digunakan K-R 20. Suatu butir tes dikatakan valid apabila rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5%. Dengan hasil tes digunakan 26 soal dengan nilai r11=0,81 maka reliabilitas soal adalah tinggi untuk siklus 1 dan 26 soal dengan nilai r11=0,83 maka reliabilitas soal adalah tinggi untuk siklus 2.Hasil penelitian dengan menerapkan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi pada siklus I aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat. Dimana aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori Tidak Baik (TB) adalah sebanyak 12 orang siswa, kategori Kurang Baik (KB) adalah sebanyak 7 orang siswa, kategori Cukup Baik (CB) adalah sebanyak 9 orang siswa, kategori Baik (B) adalah sebanyak 6 orang siswa, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu untuk kategori Tidak Baik (TB), Kurang Baik (KB) tidak ada, kategori Cukup Baik (CB) dari 9 orang siswa menjadi 7 orang siswa, kategori Baik (B) dari 6 orang siswa menjadi 19 orang siswa dan kategori Sangat Baik (SB) dari nol menjadi 8 orang siswa.Rata-rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa setelah dilakukan penerapan metode pemberian tugas dan resitasi mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata- rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa adalah 72 dengan keterangan siswa tidak kompeten 3 orang, kurang kompeten 14 orang, cukup kompeten 7 orang, kompeten 10 orang, dan yang sangat kompeten tidak ada. Pada siklus II nilai rata - rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa meningkat menjadi 85 dengan keterangan siswa yang sangat kompeten 10 orang, kompeten 16 orang, cukup kompeten 8 orang, sudah tidak ada siswa yang kurang kompeten dan tidak kompeten. Maka peningkatan hasil belajar yang dicapai adalah 18,05%.Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan metode pemberian tugas dan resitasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690 Bar p |
Keywords: | Resitasi;Populasi ; Sampel; Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18601 |