PUSPITA, NOVIYANI (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 061255320063 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
NIM 061255320063 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
NIM 061255320063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
NIM 061255320063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM 061255320063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
NIM 061255320063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 061255320063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM 061255320063 BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
NIM 061255320063 BAB V.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
NIM 061255320063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 33 orang.Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai. Uji coba instrumen dilakukan untuk mengetahui apakah soal-soal mempunyai indeks kesukaran dan daya beda yang baik, validitas dan reliabilitas suatu soal. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I di peroleh 20 soal yang valid dari 25 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 1 soal mudah, 19 soal sedang dan sukar 5 soal, daya beda soal diperoleh 5 soal jelek dan diantaranya bernilai negatif, 7 soal cukup, 13 soal Baik, uji reliabilitas diperoleh0,831 (sangat tinggi reliabel)dan pada siklus II 15 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 5 soal sukar, 2 soal mudah dan 13 soal sedang, daya beda soal diperoleh 5 soal jelek dan diantaranya bernilai negatif, 3 soal cukup, 12 baik, uji reliabilitas diperoleh 0,739 (tinggi reliabel).Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai dan dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar.Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76,36 meningkat menjadi 80,81 pada siklus II, dengan hasil postes pada siklus I yaitu tidak tuntas 6 siswa (18,18%), cukup 18 siswa (54,54%), dan baik 9 siswa (27,27%), meningkat pada hasil postes siklus ke II yaitu tidak tuntas tidak ada, cukup 10 orang (30,30%), baik 13 siswa (39,39%) dan sangat baik 10 siswa (30,30%). Untuk nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 57,42 dan meningkat menjadi 73,79 pada siklus II, dengan observasi aktivitas siswa pada siklus I 6 siswa (18,18%) yang aktif, dan 27 siswa (81,81%) kurang aktif dan meningkat pada siklus II menjadi 24 siswa (72,72%) yang aktif, dan 8 siswa (24,24%) kurang aktif.Hasil penelitian menunjukakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry dapat 1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai pada mata Pelajaran Ilmu Bahan Bangunan, dan 2) meningkatkan aktivitas dalam proses belajar mengajar pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai pada mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690 Pus p |
Keywords: | Populasi; Sampel;Partisipan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18599 |