Handoko, Ary (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODUL DAN TANPA MODUL PADA MATA PELAJARAN MENGUASAI ALAT UKUR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS 1 SEMESTER I SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Menguasai Alat Ukur Listrik Dan Elektronika (Maule) Khususnya Pada Materi Pelajaran Amperemeter, Voltmeter Dan Ohmmeter Antara Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Modul Dan Tanpa Modul (Konvensional) Pada Siswa Kelas 1 Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Swasta Teladan Medan Yang Mengikuti Mata Pelajaran Menguasai Alat Ukur Listrik Dan Elektronika (MAULE) yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas yang mempunyai tingkat kemampuan awal yang sama (homogen) yang diukur melalui pretest. Dari hasil analisis data pretest didapat bahwa ketiga kelas merupakan kelas yang homogen yang kemudian ketiga kelas diundi untuk menentukan kelompok penelitian. Dari hasil undian didapat kelompok eksperimen (yang diajar dengan menggunakanmodul) adalah kelas 1TPTL1 dengan jumlah 36 orang, dan kelompok Kontrol (tanpa menggunakan modul/konvensional) adalah kelas 1TPTL2 dengan jumlah 36 orang. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 72 orang.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar MAULE antara siswa yang diajar dengan menggunakan modul dan tanpa modul (konvensional), dimana hasil belajar MAULE kelompok ekperimen lebih tinggi dari hasil belajar MAULE kelompok KontrolHasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar MAULE kelompok eksperimen adalah berdistribusi normal dimana Lhitung (0.1304) < Ltabel (0.1477), dan sebaran data hasil belajar MAULE kelompok Kontrol adalah juga berdistribusi normal dimana Lhitung (0.1348) < Ltabel (0.1477).Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok Kontrol. Hal ini terlihat dari nilai thitung (3.347) > ttabel (1.67
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Han p |
Keywords: | Populasi; Sampel;Variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18592 |