SINAGA, DENNY HARYANTO (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071255210012 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
NIM 071255210012 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
NIM 071255210012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
NIM 071255210012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
NIM 071255210012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
NIM 071255210012 BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
NIM 071255210012 BAB V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
NIM 071255210012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar memahami dasar-dasar elektronika dari siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis komputer menggunakan media software circuit simulator lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori menggunakan media gambar di papan tulis pada siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dan siswa kelas X program keahlian teknik listrik pemakaian SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 48 orang dan peserta didik kelas X program keahlian teknik listrik pemakaian SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 164 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara sampel berkelompok. Dalam penelitian ini kelas X TITL 2 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah 24 orang siswa diterapkan perlakuan pembelajaran berbasis komputer menggunakan media software circuit simulator dan kelas X TLP 5 SMK Negeri 2 Medan dengan jumlah siswa 29 orang diterapkan perlakuanpembelajaran ekspositori menggunakan media gambar di papan tulis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran berbasis komputer menggunakan media software circuit simulator diperoleh Lhitung = 0,1089 dan Ltabel= 0,1866 maka diperoleh Lhitung (0,1089) < Ltabel (0,1866) pada kategori normal, dan pada pembelajaran ekpositori menggunakan media gambar di papan tulis diperoleh Lhitung = 0,1167 dan Ltabel= 0,1706 maka diperoleh Lhitung (0,1176) < Ltabel (0,1706) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran berbasis komputer menggunakan media software circuit simulator dan pembelajaran ekspositori menggunakan media gambar di papan tulis digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh fhitung= 1,20 dan ftabel = 1,95 maka fhitung (1,20) < ftabel (1,95) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan (α) = 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 2,03 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung> ttabel dandiambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yangyang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Software Circuit Simulator lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Ekspositori Menggunakan Media Gambar di Papan Tulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Sin p |
Keywords: | Populasi; Oprasional; Sampel |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18578 |